Thursday, August 10, 2017

Tujuan Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem Kapitalisme liberal sangat tidak cocok dengan kondisi sosial dan budaya di kalangan masyarkat Indonesia. Sistem etatisme negara juga tidak sesuai karena tidak memberi ruang yang luas bagi masyarakat yang luas bagi masyarakat untuk berkembang secara ekonomi. Karena itu, ekoomi yang cocok untuk bangsa Indonesia adalah Ekonomi Pancasila.

Tujuan Sistem Ekonomi Pancasila


Karena sistem Ekonomi Pancasila sangat cocok untuk bangsa Indonesia, maka sistem tersebut mempunyai tujuan  utama. Tujuan utama sistem Ekonomi Pancasila adalah sebagai berikut :
  1. Terbentuknya perekonomian noasional yang berbudaya, mandiri, berdaulat dan diabdikan bagi terwujudnya kesejahteraan sosial bagi rakyat indonesia.
  2. Terjaminnya peningkatan pendapatan masyarakat secara adil dan merata.
  3. Terpeliharanya pertumbuhan  ekonomi yang berkesinambungan.
  4. Terbentuknya struktur, mekanisme, dan tatakelola perekonomian nasional yang berhasilguna dan berdayaguna.
  5. Terencananya jenis, jumlah dan cara pengadaan produk barang dan jasa.
  6. Teralokasikannya produk nasional bruto (PNB) untuk konsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat, penggantian cadangan modal dan investasi.
  7. Terpelihara dan semakin meningkatnya hubungan ekonomi luar negeri.
Itu lah kurang lebih tujuan utama dari Sistem Ekonomi Pancasila yang di anut oleh bangsa Indonesia. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Daftar Pusaka

Lembaga Pengkajian MPR RI. Ringkasan Ekonomi Pancasila : Sistem perekonomian untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial Sesuai UUD NRI 1945 


6 comments: