Wednesday, June 28, 2017

Pengertian dan Macam-macam Koperasi

Pengertian dan Macam-macam Koperasi 


Assalamualaikum Wr.  Wb.

Sebelumnya saya mohon maaf karena tidak post post yang baru karena ada masalah pada laptop dan hp saya,  dan karena masih dalam suasana lebaran saya mohon maaf lahir batin kepada semua pembaca.
Oke, kali ini saya akan menjelaskan tentang koperasi dan macam - macamnya, yuk di simak!






A. Pengertian Koperasi

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang di miliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Namun menurut Saya pribadi koperasi adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu para anggotanya dalam mencukupi kebutuhan dan mencapai kesejahteraan. Berikut ini adalah beberapa pengertian koperasi menurut para ahli :

  • Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli
1. Margaret Digby

Menurut Margaret Digby, koperasi adalah kerja sama dan siap untuk menolong. 

2. P. J. V. Doren

Menurut ahli ini, koperasi tidaklah hanya kumpulan orang-orang, akan tetapi dapat juga merupakan kumpulan dari badan-badan hukum ( Corporate ).

3. Ensiklopedia 

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan  oleh orang-seorang dari kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan. 

B. Macam-macam Koperasi Beserta Contohnya

1. Koperasi Produksi

Koperasi yang anggotanya terdiri dari produsen ( barang & jasa ), koperasi ini mengusahakan bagi para anggotanya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, contohnya : menyediakan bahan yang dibutuhkan.

2. Koperasi Konsumsi 

Koperasi yang bergerak dalam menyediakan kebutuhan pokok bagi para anggotanya, contohnya : koperasi sekolah atau koperasi kampus. 

3. Koperasi Simpan - Pinjam

Koperasi yang bergerak dari perhimpunan dana dari para anggotanya disalurkan kepada para anggotanya yang membutuhkan, contohnya : bank-bank kecil. 

4. Koperasi Serba Usaha

Koperasi yang kegiatan usahanya terdiri dari bermacam jenis usaha, contohnya : Koperasi Unit Desa ( KUD ) . 

ya jadi itulah kurang lebih pengertian serta Macam-macam dari koperasi  yang dapat saya post. Untuk fungsi dan tujuan dari koperasi insyaallah akan di post blog berikutnya. Semoga yang saya post ini dapat bermanfaat bagi semua, terima kasih. 

Daftar pusaka

Www.wikipedia.com

 


1 comments: