Sunday, August 13, 2017

Cara Sukses Dalam Dunia Perkuliahan

Bagaimana cara sukses di dunia perkuliahan ? Yaps...setiap pelajar perguruan tinggi atau mahasiswa pasti ingin sukses dalam perkuliahan dan yang pasti ingin lulus dengan IPK yang tinngi agar menjadi lulusan terbaik atau yang biasa di sebut cumlaude. Namun, sebagian dari mereka tidak tahu caranya atau hanya menjalaninya saja seperti biasa. Hal tersebut akan membuat mahasiswa jauh dari kata cumlaude atau mendapat lulusan terbaik dengan IPK yang tinggi, oleh karena itu kali ini saya akan memberitahu sedikit cara agar sukses di dalam dunia perkuliahan.

Cara - cara Agar Sukses dalam Dunia Perkuliahan

Ada baiknya cara-cara ini dilakukan saat awal masuk ke dunia perguruan tinggi, agar kedepannya terbiasa dan mendapat hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara agar sukses di dunia perkuliahan dan insyaAllah mendapatkan ipk yang tinggi :



1. Niat yang kuat
Yang pertama pasti adalah niat. Niat kan yang kuat pada diri sendiri untuk berkuliah dengan sungguh - sungguh dan tidak main main. Karena jika dalam diri tidak ada niat yang kuat, maka dari awal masuk pun tidak ada kesungguhan dalam menuntut ilmu dan jangan harap bisa mendapatkan IPK yang tinggi.

2. Tentukan tujuan atau membuat target goals

Dengan tujuan yang kuat dan jelas akan membuat perjalanan menuntut ilmu kalian lebih mantap dan matang, oleh karena itu tentukan tujuan kalianuntuk apa berkuliah. Jika tujuannya hanya untuk main - main atau sekedar untuk status, lebih baik masuk ke perguruan tinggi yang biasa biasa saja, namun sebaliknya  jika memiliki tujuan yang kuat dan jelas maka kalian akan lebih serius menjalaninya. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kalian membuat target goals atau pencapaian apa saja yang harus di raih selama berkuliah, dengan membuat target goals seperti itu akan membuat kalian lebih giat lagi dan pastinya memiliki rasa tanggung jawab.

3. Pilih jurusan sesuai kemampuan atau passion

Saat memilih jurusan kuliah, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan kalian atau passion kalian. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita, akan memperlancar perjalanan perkuliahan karena kalian akan merasa mampu pada jurusan tersebut dan akan mendapat hasil yang baik.

4. Cari metode belajar

Dunia perkuliahan berbeda dengan dunia putih abu-abu. Dalam dunia perkuliahan kalian akan mendapat banyak pengalaman yang baru salah satunya adalah metode belajar. Metode belajar yang ada di dunia perkuliahan akan sedikit lebih sulit karena terkadang dosen hanya memberi inti dari materi-materi dan peran kita lah disini untuk mengembangkannya. Oleh karena itu cari lah metode belajar kalian sendiri entah bagaimana caranya, yang pasti membuat kalian nyaman dan bisa menerima materi dari dosen tersebut untuk di kembangkan.

5. Kenali watak dosen

Cara yang satu ini akan mempengaruhi nilai kalian di perkuliahan, kenapa? Karena saat kuliah kalian akan bertemu dosen dengan watak yang berbeda-beda, oleh karena itu kalian harus teliti dan harus hafal dengan watak para dosen di setiap matkul nya. Jika kalian dapat hafal watak dosen itu akan menjadi poin tambah pada nilai kalian di matkul dosen tersebut. Rata-rata mahasiswa pasti menggunakan cara ini agar proses belajar di setiap matkul akan lancar dan yang pasti mengincar poin tambah tadi.

6. Cari teman yang pintar dan menguntungkan

Carilah teman yang pintar, karena jika kalian bergaul dengan anak anak yang pintar dengan IPK 3 koma maka kalian akan mendapat nilai yang tidak jauh dari mereka dan lebih bagus lagi jika di buat grup belajar, itu  akan menguntungkan untuk kalian karena kalian akan di ajari oleh mereka yang lebih paham dan yang pasti kalian juga akan menjadi pintar serta mendapat nilai yang tinggi.

7. Ikuti kegiatan kampus

Kegiatan kampus sebenernya tidaklah wajib, tapi lebih baik ikuti kegitan kampus atau yang biasa di sebut UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) dan disarankan lagi ikutilah yang resmi seperti hima - hima jurusan kalian. Karena dengan mengikuti kegiatan kampus tersebut selain mendapat teman baru, kalian akan mendapatkan ilmu atau wawasan baru dan terlebih lagi adalah mendapat relasi yang berguna setelah kalian lulus.

8. Harus rela berkorban

Dan cara yang terakhir yang dapat saya beritahu ini adalah cara yang mungkin sulit untuk dilakukan namun setiap orang yang sukses pasti ada yang dikorbankan. Jika kita ingin sukses didunia perkuliahan kita juga harus berkorban sesuatu yaitu waktu main. Kalian harus korbankan waktu main kalian untuk belajar atau perbanyak baca buku. Karena di dunia perkuliahan kalian harus merubah diri kalian dan ingat lagi tujuan kalian kuliah untuk apa, dengan kalian mengorbankan waktu main untuk belajar atau baca buku akan membuat peluang untuk lulus dengan predikat cumlaude semakin besar karena kalian akan lebih unggul di bandingkan dengan mahasiswa yang memperbanyak waktu main dibandingkan waktu belajar.


Jadi, itulah beberapa cara agar sukses di dunia perkuliahan yang dapat saya beritahu ke kalian namun setiap mahasiswa memiliki caranya masing masing dalam menjalani kehidupan kuliahnya, oleh karena itu semua kembali kepada diri masing masing dalam menjalaninya bagaimana. semoga yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca terutama calon calon mahasiswa yang akan masuk dunia perkuliahan.


0 comments:

Post a Comment